Sabtu, 01 Juni 2013



10 Tips Agar Tetap Semangat

Albert Einstein pernah berkata bahwa, “Energi mekanis yang lebih kuat ketimbang energi uap, listrik, dan atom adalah semangat”. Semangat memang sangat diperlukan baik dalam bekerja, belajar, ataupun dalam berkompetisi. Boss tentu akan lebih menyukai anak buah yang semangat. Begitu juga dengan guru-guru di sekolah, mereka akan lebih menyukai murid-murid yang bersemangat. Ko Ahong pernah mengatakan bahwa tanpa semangat kita hanyalah “mayat hidup yang berjalan”.


Berikut ini beberapa tips agar kita tetap bersemangat:

1. Berolahraga Secara Teratur
Berolahraga secara teratur akan membuat tubuh kita bugar dan membuat kita tetap semangat. Waktu olahraga yang paling baik adalah di pagi hari, karena pada pagi hari udara masih segar dan akan membuat kita bugar sepanjang hari.

2. Memasang Target Yang Tinggi
Dalam hal apapun, tetapkanlah target yang tinggi yang dapat memacu semangat kita. Pasanglah target yang kelihatannya lebih tinggi dari kemampuan kita, tetapi usahakanlah agar target tersebut tetap ‘feasible’. Contohnya, saat akan menghadapi ujian, jika kita pikir kita hanya akan mendapatkan nilai 7, buatlah target yang lebih tinggi, misalnya 9, sehingga kita dapat lebih terpacu dan bersemangat.

3. Membaca Buku dan Artikel Motivasi
Apa yang kita baca akan mempengaruhi pola berpikir dan tindakan kita. Oleh karena itu, bacalah buku-buku atau artikel yang dapat memotivasi diri kita agar tetap bersemangat. Menempelkan kata-kata motivasi juga dapat dilakukan agar kita tetap bersemangat.

4. Mendengarkan Lagu-Lagu yang Bersemangat
Untuk tetap bersemangat kita harus berhenti mendengarkan lagu-lagu yang melankolis. Sebaliknya, dengarkanlah lagu-lagu yang bisa membuat kita tetap bersemangat.

5. Bergaul di Lingkungan yang Tepat
Lingkungan sangat mempengaruhi kepribadian seseorang. Bahkan jika ada dua orang kembar identik ditempatkan di lingkungan yang berbeda, akan menghasilkan dua kepribadian yang berbeda juga. Agar kita tetap bersemangat, bergaullah di lingkungan orang-orang yang mempunyai semangat yang tinggi.

6. Lakukan Hobi
Sesibuk apapun, sempatkanlah untuk melakukan hobi kita. Hobi dapat membuat hidup kita lebih bergairah dan bersemangat.

7. Makan Makanan yang Bergizi
Semangat yang baik akan dihasilkan dari tubuh yang baik pula. Jika tubuh kita sakit atau loyo, tentu kita akan menjadi kurang bersemangat. Oleh karena itu, makanlah makanan yang bergizi agar tubuh kita tetap sehat dan bersemangat.

8. Berpikir positif
Agar tetap bersemangat, milikilah ‘can-do mentality’. Kita harus yakin dengan diri kita bahwa kita mampu melakukan apapun juga asalkan kita mau berusaha.

9. Memasang Foto Orang yg Kita Cintai atau Pengalaman yang Berkesan
Memasang foto orang-orang yang kita cintai atau foto tentang pengalaman yang berkesan secara tidak langsung akan mengaktifkan bagian di otak kita untuk mengeluarkan enzim yang membuat kita tetap bersemangat.

10. Belajar Hal-hal Baru
Belajarlah hal-hal yang baru seperti belajar instrumen musik, bahasa baru, memasak, menyanyi, dll yang dapat melatih kreatifitas kita dan membuat kita senantiasa bersemangat.
Tetap Semangat!!!



Tips Agar Tetap Semangat Saat Kerja



Berada di kantor dengan segala aktivitas dan kesibukan membuat Anda jenuh. Itu sudah pasti. Apalagi Anda dengan jam kerja yang “gila-gilaan”..Pekerjaan yang

overload membuat kepala seakan mau pecah. Belum lagi urusan proyek-proyek baru yang menuntut produktivitas dan kreativitas Anda untuk selalu up date.

Jatah cuti telah Anda gunakan, bolos kerja jelas tidak mungkin mengigat adanya deadline di setiap jobdesc Anda. Yah terpaksa, walau mata sudah meredup jadi 5

watt mau tak mau lemburpun Anda harus rela.

Berikut kami berikan beberapa tips untuk Anda agar Anda masih betah di kantor walau deadline terus mengejar Anda. Check it out!

1. Rilekskan tubuh Anda
Biarkan tubuh Anda merasa rileks dan tidak tegang. Bersandarlah apabila memang posisi tersebut terasa nyaman bagi tubuh Anda.

2. Pejamkan mata selama minimal 1 menit
Satu menit adalah waktu yang tepat. Tapi jangan terlalu lama ya, bisa-bisa Anda ketiduran di meja kantor dan pekerjaan Anda malah terbengkalai. Bisa Anda

bayangkan atasan Anda berdiri di depan meja Anda sambil berkacak pinggang karena Anda ketiduran.

3. Minum jus segar
Jus buah yang segar mampu mengembalikan mood dan energi Anda. Pilih saja buah yang paling Anda suka, namun buah yang mengandung vitamin C akan lebih

cepat mengembalikan kesegaran pikiran Anda.

4. Beri ruang untuk Anda mengambil nafas
Jika memang berada di meja Anda membuat Anda tidak tenang, beri sedikit waktu bagi tubuh dan pikiran Anda untuk rileks. Tak ada salahnya jika Anda

meninggalkan meja selama 5-10 menit. Hirup udara segar di balkon kantor atau duduk bersantai di rest area. Setelah Anda kembali, perasaan lebih fresh pasti

membantu Anda menyelesaikan pekerjaan Anda.

5. Cuci muka
Ketika Anda merasa bosan atau ngantuk pada saat Anda berada di kantor, sebaiknya Anda pergi cuci muka. Jika wajah Anda terkena air dingin, itu akan

membantu Anda untuk tampak lebih fresh dan semangat lagi. Jika Anda Wanita, Anda bisa membasuh wajah Anda lalu mengganti make up Anda. Kesegaran kulit

pada wajah Anda akan mempengaruhi cara kerja otak Anda.

ADers apakah Anda siap bekerja kembali?


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar